Jaring Talenta Pebasket Muda di Bali Lewat ASW Cup 2018

loading…

Tujuan diadakannya ASW Cup 2018, selain ingin memajukan olahraga di Bali, turnamen ini diharapkan dapat menjaring talenta-talenta muda Bali khususnya di kelompok umur 14 tahun

DENPASAR – Turnamen basket ASW Cup 2018, yang diinisiasi All Star Winner (ASW) dengan Perbasi Kota Denpasar bakal digelar di GOR Ngurah Rai, Bali, pada 2-8 Desember. Tujuan diadakannya ASW Cup 2018, selain ingin memajukan olahraga di Bali, turnamen ini diharapkan dapat menjaring talenta-talenta muda Bali khususnya di kelompok umur 14 tahun.

Pada ASW Cup 2018 ini ada dua kategori. Pertama, kelompok umur (KU) usia 14 tahun yang bakal diikuti tujuh tim yakni Elite Denpasar, ABC Denpasar, Juanda Bogor, Sonic Samarinda, Gema Tabanan, Black Stallions Denpasar dan Merpati Denpasar.

Kategori kedua bakal menampilkan sembilan tim senior putra, yang terdiri dari Flying Wheel Makassar, BBM Surabaya, Black Stallions Denpasar, Raket Denpasar, GGC Denpasar, Mangupura Badung, Takapit Denpasar, Wrong Island Denpasar, Barberbar Jakarta.

Event yang digagas oleh pendiri ASW yakni Ali Santoso Wibowo ini akan diagendakan untuk menjadi kegiatan tahunan yang akan sangat berperan dalam kemajuan cabang olahraga basket di Pulau Dewata.

“Komitmen kami yang utama adalah ingin memajukan olahraga di Bali. Namun untuk saat ini fokus kami adalah cabor bola basket. Kedepannya kami ingin Bali menjadi salah satu sentral percontohan tidak hanya dari segi pembinaan olahraga di berbagai cabang, tapi juga dari segi pelaksana kegiaatan olahraganya. Bali jika didukung dengan sarana dan prasarana olahraga yang baik akan sangat memungkinkan menggelar berbagai kegiatan olahraga yang bertaraf Nasional maupun Internasional,” papar Ali Santoso Wibowo dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (1/12/2018).

Di bagian terpisah, Cokorda Raka Satrya Wibawa, selaku ketua panitia dari ASW Cup 2018 berharap dengan diselenggarakannya event ini dapat menambah jam terbang para pemain muda di klub-klub basket di Bali. Ia menyadari bahwa perkembangan bola basket di seluruh daerah tidak bisa dipisahkan dari peran serta klub-klub yang ada.

Lebih lanjut, karena umumnya klub yang melakukan pembinaan dari level terbawah hingga puncaknya. “Saya berharap banyaknya mantan pemain profesional yang ikut berpartisipasi di kategori senior seperti Andrie Ekayana, Dimaz Muhari, Merio Ferdiansyah dan lainnya bisa mengedukasi para pemain muda di kelompok umur 14 tahun agar bisa lebih maju,” ungkap pria yang akrab di sapa Cok Raka.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum Perbasi Kota Denpasar, Gede Wahyu. Dia menyambut baik ASW Cup 2018 dan siap untuk mendukung acara ini berlangsung. “Kami mengucapkan terima kasih kepada ASW yang mempunyai komitmen memajukan basket khususnya di Bali. Perbasi Provinsi Bali dan juga Pengkot Denpasar, siap membantu untuk menyukseskan event ini,” ujar Wahyu.

Sekadar informasi, peserta yang mengikuti ASW Cup 2018 ini bakal memperebutkan total hadiah Rp20 juta. ASW Cup 2018 juga akan menggelar kontes slam dunk dan three point.

(bbk)